Jellyspotters
Guide & Walkthrough Game

7 Game Android bertema Zombie Apocalypse

Game android bertema zombie, game android survival, game android offline
Tema Zombie Apocalypse alias kiamat zombie memang sudah menjadi tema yang sangat mainstream, baik itu dalam film, novel dan tentunya juga video game.

Beberapa diantaranya, sudah memiliki nama besar dan seolah menjadi ikon dari tema itu sendiri, seperti Resident Evil, Dead Rising dan masih banyak lagi.

Tak hanya di konsol, di platform mobile khususnya Android, juga ada banyak game dengan tema tersebut. Tetapi dengan banyaknya pilihan tentunya cukup sulit untuk mendapatkan yang terbaik. Game yang akan direkomendasikan disini adalah game offline bertema Survival yang cukup ramah untuk smartphone low-end dan sudah di test.

Berikut 7 Rekomendasi Game Android dengan tema survival dari Zombie Apocalypse.

1.The Abandoned

Game ini mengusung gameplay survival dimana player harus bertahan hidup selama mungkin dengan mengumpulkan sumber daya, makanan, memperkuat diri dan menjaga beberapa bar status. Dengan grafis 3D sederhana dan sudut pandang kamera First Person, game ini bisa dibilang merupakan alternatif Radiation Island, yang berkali-kali lipat lebih ringan dari Radiation Island. Ada beberapa status yang harus diperhatikan saat bermain game ini, mulai dari yang paling dasar seperti bar kesehatan, hingga suhu tubuh.

Untuk menjaga status bar tersebut, player akan diharuskan untuk menebang kayu, menangkap ikan, berburu hewan liar, membuat pakaian dan tentunya crafting senjata untuk melawan zombie. Tak hanya zombie, hewan liar dan berbagai monster juga menjadi masalah dan akan menyerang player. Untuk menghindari serangan mereka saat malam hari, adalah dengan tetap berada didekat api unggun. Senjata yang sudah kamu buat juga memiliki durabilitas sendiri-sendiri dan dapat rusak setelah beberapa kali penggunaan.

Game ini sangat ringan dengan size dibawah 200MB setelah pemasangan dan tanpa obb. [Tested on : Snapdragon 410 & Mediatek Helio P22]

2.Overlive : A Survival Story and RPG

Berikutnya di list ini adalah Overlive : A Survival Story and RPG, adalah sebuah game dengan tema bertahan hidup ditengah kiamat zombie yang unik dan berbeda dengan yang lainnya. Salah satu hal yang mencolok dari Overlive adalah status kewarasan atau kesehatan mental dari sang tokoh utama yang akan menurun saat ia melihat sesuatu yang menjijikan atau menyeramkan.

Overlive lebih menekankan kepada mekanisme RPG, dan Visual Novel ketimbang aksi tembak-tembakan atau memukul para mayat hidup. Secara gameplay, Overlive menyajikan RPG sederhana dengan penggunaan item, level, random encounter serta sistem battle sederhana yakni hanya tap dan swipe, dengan sudut pandang kamera first-person.

Bahkan, eksplorasi dan penyelesaian misi dalam game ini hadir dalam bentuk gembok-gembok yang bisa dipilih dengan misinya masing-masing, yang menyelesaikannya akan membuka map serta event baru, dan terkadang encounter dengan zombie.

[Tested : Snapdragon 410]

3.Last Light : Survivors

Game bertema zombie apocalypse ini berbasis misi dimana setiap misi akan saling berhubungan hingga membentuk alur cerita. Dalam game ini, kamu akan bermain sebagai seorang Survivor yang hidup sendirian ditengah krisis zombie apocalypse, dimana ia tidak lagi melihat seorangpun selain dirinya dan merasa bahwa dia adalah satu-satunya manusia yang tersisa. Hingga pada suatu ketika ia menemukan sebuah radio komunikasi yang ternyata terhubung dengan seseorang. Kamu akan dituntun oleh orang tersebut, untuk bergabung dengannya di sebuah bunker yang aman.

Dengan tampilan layar potrait, sudut kamera top-down view, grafis hand-drawing yang sederhana tapi terkesan kelam, kontrol yang sederhana, gameplay dari Last Light sekilas terlihat cukup kasual. kamu akan melakukan hal-hal paling dasar dalam game survival, yaitu mengumpulkan resource mulai dari makanan hingga senjata. Hal yang cukup di highlight di game ini adalah sistem yang sama dengan yang diterapkan di Minecraft atau Don't Starve, yaitu malam hari adalah musuh alami player. Dimana AI zombie akan menjadi lebih ganas saat malam hari tiba, dan kamu harus bersembunyi didalam rumah untuk bisa lolos dari kejaran para zombie.
[Tested : Helio P22]

4.Last Day Survival : 24 Hours

Game berikutnya datang dari dev DreamSky yang cukup dikenal di kalangan mobile gamers Android dengan game Stickman mereka. Selain game beat-em-up Stickman, mereka juga mengembangkan game survival zombie apocalypse. Dalam game ini, kamu akan bertahan hidup selama 24 jam dan berusaha untuk menuruni gunung penuh zombie untuk mendapatkan penawar di laboratorium kota.

Setiap segmen di game ini dipisahkan dengan lokasi, dimana kamu akan memilih rute untuk turun dari gunung dengan pilihan bercabang A & B, setelah memilih rute, kamu akan bertarung secara real time melawan zombie, hewan buas dan tentara pasukan elit, dengan gameplay action shoot and slash, dimana kamu akan bisa bergerak di map dengan ruang gerak berbeda-beda.

kamu bisa menggunakan senjata jarak dekat seperti pisau atau senjata jarak jauh seperti AWM, P90 bahkan Bazoka, yang bisa didapatkan di sepanjang permainan dari loot, atau membelinya di Merchant.

Game ini sepertinya lumayan terang-terangan meniru Resident Evil 4, dilihat dari desain beberapa monster, mekanisme inventory, bahkan dengan kehadiran merchant bernama Mr.Who yang sangat mirip dengan merchant ikonik dari game tersebut.

Meskipun begitu, Last Day Survival tetap memiliki charm-nya sendiri dengan sudut kamera top down view, environment detail dan sistem teaming-up dengan NPC. kamu akan mengalami beberapa encounter dengan NPC, yang memiliki keahlian mereka masing-masing dan juga senjata masing-masing, game ini juga menyediakan beberapa route alternatif, yang menjadikan pengalaman bermain yang berbeda pada setiap playthrough.

Selain itu, game ini memiliki replayability yang lumayan tinggi, untuk mengupgrade status karakter ataupun untuk mmbuka karakter lain.

Game ini tersedia dalam dua versi di google playstore, versi premium dan gratis. Dimana versi premiumnya sendiri dibadrol dengan harga yang sangat murah, yaitu hanya 3.000 rupiah saja.
[Tested on : Helio P22]

5.The Walking Zombie

Dari judulnya saja bisa ditebak bahwa game ini memparodikan judul terkenal "The Walking Dead". Game yang lebih dulu dirilis di Steam ini hadir dengan grafis 3D polygon yang cukup detil dan nyaman dipandang, game ini menghadirkan gameplay FPS Shooter, tetapi juga menekan unsur survival. Player akan berada di sebuah kamp pengungsian, dimana disana ada beberapa NPC yang juga berusaha bertahan hidup dari kiamat zombie.

Bercerita tentang seseorang yang sedari bayi sudah selalu berada dalam ancaman zombie, kamu akan diberi misi untuk mengumpulkan suplai makanan, pakaian, bahan bakar, senjata, menyelamatkan orang, dll. Setelah menyelesaikan main quest, kamu akan mendapat poin dan uang untuk melakukan upgrade senjata dan status karakter kamu yang akan memudahkan kamu untuk menjalankan misi kedepannya.

Saat menjalankan misi, kamu akan dibawa ke sebuah map dimana kamu akan menyelesaikan tugas seperti mencari obat-obatan, makanan, senjata, menghabisi zombie atau menyelamatkan NPC. kamu juga akan membawa obat-obatan, dan peluru, untuk digunakan selama misi.

Tingkat kesulitannya akan meningkat setiap misi, tapi kamu juga bisa mengumpulkan uang dan item dari side quest yang juga bisa diterima dari NPC yang ada.
[Tested on : Helio P22]

6.Extra Lives

Extra Lives dari developer indie, Mdickie, game ini memiliki gameplay endless survival, dimana kamu hanya harus bertahan selama mungkin dan memecahkan rekor kamu sebelumnya. Meskipun terdengar monoton, Extra Lives tidak akan secepat itu membuat kamu bosan.

Ada 2 mode, yakni Survival dan Deathmatch. Dalam mode Deathmatch, kamu akan memilih beberapa karakter yang satu karakter akan kamu kendalikan, sementara sisanya akan dikendalikan dengan AI.

Dalam mode Survival, kamu akan memilih karakter untuk dimainkan, kemudian kamu akan berusaha bertahan hidup. kamu bisa memungut senjata, makanan dan barang-barang lainnya atau merakitnya sendiri. Tak hanya melawan zombie, kamu juga mungkin akan melawan beberapa NPC manusia, yang mencoba merampok kamu.

NPC disini memiliki beberapa kubu yang juga membuat NPC itu bisa saling membunuh satu sama lain atau juga berteman satu sama lain.

Ada ratusan karakter yang bisa kamu pilih dan mereka juga akan menjadi NPC selama permainan. kamu bisa makan, minum, berinteraksi dengan NPC yang memiliki sifat, kekuatan, dan kehendak sendiri. Dialog dalam game ini juga menghadirkan banyak jokes random, liar dan absurd serta terkadang kamu bisa menjumpai adanya multiple choice. Daya tarik dari game ini mungkin ada pada unsur Gore-nya, dimana karakter mungkin akan bersimbah darah, kehilangan kaki dan tangan mereka.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa menurunkan tingkat Gore-nya di menu setting, bahkan mematikannya. Selain itu, dalam game ini kamu bahkan bisa bermain sebagai zombie. Saat karakter manusia mati, ada kemungkinan mereka akan bangkit kembali sebagai zombie dan kamu bisa melanjutkan permainan. Itu juga berlaku pada NPC, dimana mereka juga bisa bangkit kembali sebagai zombie, yang membuat kiamat zombie ini semakin tak ada akhirnya.

kamu benar-benar akan merasakan kerasnya hidup di dunia dengan krisis kiamat zombie, dimana zombie bisa muncul dari mana saja.

Meskipun memiliki grafis yang sederhana, interaksi player dengan para NPC, benda disekitarnya dan pertarungan dengan zombie membuat game ini terasa kompleks dan lengkap.
[Tested on : Snapdragon 410, Helio P22, Helio G80]

7.Dead Road to Canada

Dead Road to Canada game ini bisa dibilang sangat lengkap dalam memberikan fitur-fitur yang dibutuhkan dalam game survival apocalypse. Game ini bercerita tentang dunia yang sudah dipenuhi zombie dan hanya ada satu tempat yang menurut rumor, masih aman dari wabah. Tempat itu adalah Kanada.

Game ini hadir dengan grafik pixelated ala game retro yang cukup detail, terutama untuk lingkungan sekitar yang benar-benar terlihat kacau.

Dengan mengendarai mobil butut, kamu akan memiliki sebuah party dengan anggota 2 orang yang bisa menampung hingga 4 orang, kemudian berusaha bertahan hidup sampai akhirnya kamu bisa sampai di Kanada. Dalam perjalanan, kamu akan dihadapkan dengan banyak multiple choice random yang akan mempengaruhi permainan kamu, bisa menurunkan stats, membuat kamu mendapat item gratis atau bahkan membunuh karakter kamu secara instan. Yang membuat kamu harus memilih keputusan dengan bijak.

Saat berada didalam mobil, gameplaynya akan mengambil sudut pandang seperti dalam game Oregon, dimana kamu akan terus bergerak sembari menghabiskan supllies seperti makanan, obat dan bahan bakar mobil.

kamu sesekali akan diberi kesempatan untuk mencari supplies dan meninggalkan mobil, dimana gameplaynya akan berubah menjadi top-down view hack and slash. kamu bisa berganti-ganti karakter untuk kamu kendalikan, sementara karakter yang sedang tidak kamu kendalikan akan diambil alih oleh AI.

Selain itu, game ini juga menghadirkan fitur kustom karakter, mulai dari nama, penampilan, hingga skill dan sifat mereka. Selain itu, ada juga beberapa mode dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Dan salah satu daya tarik terbesar yang ditawarkan game ini adalah banyaknya jokes random dan parody dari film-film atau bahkan judul game terkenal. Yang menjadi salah satu faktor kenapa game ini tidak membosankan.
[Tested on : Snapdragon 410 & 435, Helio P22 & G80]

Sekian Rekomendasi 7 Game Android bertema Zombie Apocalypse yang bisa kamu mainkan di smartphone, beberapa game-game diatas juga dirilis di platform lain mulai dari PC, PS4, Switch hingga iOS.

Posting Komentar