Jellyspotters
Guide & Walkthrough Game

Simulasi kehidupan dalam game endless run | Life is a Game

Game dengan genre life-simulation atau simulasi kehidupan umumnya hadir dengan gameplay open-ended ataupun memberikan kebebasan kepada para player untuk menjalani kehidupan didalam game.
Karena memang tujuan dari genre tersebut adalah untuk memberikan simulasi sebuah kehidupan yang sesuai dengan keinginan para gamer.
Mulai dari simulasi kehidupan sebagai manusia seperti The Sims Series hingga yang memberikan simulasi kehidupan sebagai makhluk lain seperti Spore.

Tapi, ada juga game yang termasuk dalam life-simulation tapi dikemas dengan cara yang unik dan berbeda.


Life is a Game adalah sebuah game life-simulation tapi dengan gameplay runner.

Jadi, dalam game ini player akan memilih karakter perempuan atau laki-laki yang kemudian akan terus secara otomatis bergerak dari arah kiri ke kanan tanpa perlu benar-benar dikendalikan dengan input tertentu.
Player hanya perlu menekan tombol Jump untuk melompat atau menekan tombol Choice untuk berinteraksi dengan beberapa hal, tergantung dari situasi.

Selain itu, ada juga tombol 3 tombol yang bisa dibilang merupakan "tombol skill" pada pojok kiri bawah layar.

Inti dari permainan ini adalah menjalani hidup sang karakter dalam sebuah gameplay runner, mulai dari ketika sang karakter masih bayi, hingga akhirnya dewasa, menua dan akhirnya meninggal, sembari menjaga gauge kesehatan dan kebahagiaan agar tidak terlalu rendah.
Selain itu, berbagai keputusan seperti menolong orang, berteman dengan mereka hingga menikah akan mempengaruhi hasil dari game ini.



Selama permainan, akan ada beberapa item yang bisa diambil oleh Player.
Misalnya item uang, makanan, hingga keahlian tertentu.
Contohnya, item berbentuk bola sepak akan meningkatkan kemampuan karakter dalam bermain bola, dan kemungkinan akan mendapat pekerjaan sebagai atlet sepak bola.
Selain itu, tidak semua item yang muncul di layar harus diambil.
Seperti misalnya uang, item ini bisa didapatkan pada "sesi bekerja", memang akan menambah jumlah uang karakter untuk membeli rumah dan mobil tapi juga akan mengurangi tingkat kebahagiaan karakter karena stres setelah lelah bekerja.

Selain itu, beberapa item seperti item yang tidak berhubungan dengan hobi karakter, juga akan menurunkan tingkat kebahagiaan karakter.
Hal lain seperti rokok, sebaliknya akan meningkatkan kebahagiaan karakter tetapi juga mengurangi gauge kesehatan.



[ Replayability ]


Game ini memiliki ending yang berbeda-beda, karena hasilnya akan sesuai dengan berbagai keputusan yang Player buat selama playthrough.
Apakah karakter akan berakhir kaya dan bahagia, miskin, atau bahkan hidup kaya namun kesepian?
Itu semua tergantung dengan keputusan yang player ambil selama permainan.
Dan demikian, salah satu daya tarik dari game ini adalah tingkat replayability yang tinggi.


[ Ending ]


Seperti yang disebutkan sebelumnya, ending dari game ini akan berbeda-beda sesuai dengan keputusan Player selama permainan.
Karena itu, segala konsekuensi dari semua keputusan itu akan ditampilkan dalam bentuk cutscene singkat sebagai kilas balik hidup karakter.
Lengkap dengan "pendapat" dari sang karakter, apakah ia pernah menyesali  atau mensyukuri keputusannya selama hidup.

[ Grafis ]

Artwork pixel art nuansa retro yang detil merupakan salah satu nilai jual dari game ini, setiap detil seperti background, hingga hal-hal kecil seperti animasi para karakter akan tampak indah meskipun hanya dilihat seklias.
Salah satu detail yang menarik dari game ini adalah background yang akan berubah seiring dengan kelangsungan hidup sang karakter.
Seperti background sekolah saat karakter sedang dalam usia remaja, hingga background rumah yang juga bisa berbeda tergantung dari rumah yang kalian beli.


Posting Komentar