Kenapa harus pergi ke Lower Morlia? Selain bisa menyelesaikan sidequest Collectibles, kamu bisa mendapatkan senjata terkuat Cress, dan setiap karakter (kecuali Mint dan Chester) memiliki setidaknya satu keterampilan yang bisa ditemukan di sana... beberapa gelar juga terkait dengan keterampilan tersebut.
Jika kamu level rendah, lawan satu atau dua musuh di lantai pertama, lalu istirahat/simpan permainan. Ulangi sampai kamu mencapai level 65 atau lebih. Pada titik ini, lebih aman untuk menjelajah lebih jauh. Ingat bahwa ada memory glyph di lantai 11 dan tidak ada lagi sampai lantai terakhir... dan ada pertarungan bos di antaranya. Juga, jangan repot-repot menyimpan Holy Bottles; mereka rusak saat kamu masuk ke Lower Morlia. Ingatlah bahwa kamu bisa menyimpan item (dengan harga lebih dari harga penuh) di atas dan istirahat gratis, dan ada pintu keluar darurat sekitar setengah jalan.
Satu hal lagi yang perlu diingat; hingga kamu lebih dari Level 70, hindari Sokurams, Land Urchins, dan musuh Magus/A.Kocra, karena mereka sangat sulit dan bisa mengalahkan seluruh partymu dalam hitungan detik. Biarkan Arche mengeluarkan spell untuk menghentikan mereka, sementara kamu fokus untuk melarikan diri. Land Urchins hanya bisa dihancurkan menggunakan Magic Tablets, dan satu sentuhan dari mereka bisa membunuh karaktermu.
Saat memasuki Morlia, turunlah ke Lantai 9 melalui jalan pintas. Ikuti jalurnya untuk menemukan berbagai orang, petualang, dan tentara. Bicaralah dengan mereka untuk mengetahui sedikit tentang tempat yang kamu kunjungi. Di area istirahat, persiapkan item (jangan khawatir tentang uang; kamu akan segera melihat bahwa Gald adalah sesuatu yang Morlia punya BANYAK) dan istirahat gratis. Turunlah ke Lantai 10 dan simpan permainan di glyph. Pastikan kamu memiliki waktu untuk leveling atau menjelajah... titik simpan berikutnya sangat jauh dan monster sangat kuat.
The Morlia Extension
New enemies: Lesser Boar, Beast Lord, Ice Witch, Hell Master, Uinal, Sokuram,
Bigfoot, Manticore, Isis, Wolfman, Banshee, Shade Flower,
Coldgale, A.Kocra, Magus, Land Urchin
Items: Apple Gel (x3), Dark Bottle, Cabbage, Agalloch Incense, Dash Ring, Magic
Lens, Life Bottle, Flare Bottle, Sage, Cheese, Bread, Iron Gloves,
Silver Cape, Poison Charm (x2), ?armor, Miracle Charm, Pineapple Gel,
?sword, ?ax, Miracle Gel, ?armor, Ukiyoe, Stone Charm (x3), ?sword,
Lemon Gel, Fresh Milk (x3), Kikyo, Kannazuki, ?helmet, Rune Bottle,
Protect Ring (x2), Resist Ring, ?armor (GOLDEN ARMOR ALERT!), ?armor,
Poison Charm, Resist Ring, ?sword, Red Savory, Pineapple Gel, Emerald
Ring (x3), Rune Bottle, Reverse Doll, ?sword, Elixer, ?sword, Orange
Gel, ?armor, ?cap, ?clothing, ?helmet, Melange Gel
Skills: Claus---Chameleon, Gremlin's Lair; Arche---Black Hole; Suzu---Hell Rush
Keluar dari glyph memori di sebelah kiri. Lintasi jembatan ke kiri dan lewat keluar berikutnya. Terus ke selatan menuju lantai berikutnya.
<---Lantai 11--->
Ikuti arah yang berlawanan dari sebelumnya. Ikuti jalur menuju lantai berikutnya.
<---Lantai 12--->
Pergi ke kiri melintasi layar. Di layar baru, arahkan ke selatan. Abaikan jalur kanan dan naik tangga selatan untuk menemukan item: Apple Gel, Dark Bottle, Cabbage, dan Agalloch Incense. Kembali ke utara dan ambil jalur kanan.
<---Lantai 13--->
Pergi ke kanan dan ambil Dash Ring di antara dua jembatan. Di ruangan besar, arahkan ke timur untuk menemukan Magic Lens. Lanjutkan ke selatan sambil memeluk dinding untuk menemukan Life Bottle. Dari sana, pergi ke barat untuk menemukan Flare Bottle. Kemudian, naik tangga ke selatan.
<---Lantai 14--->
Ikuti jalur ke selatan, barat, dan kemudian selatan lagi.
<---Lantai 15--->
Teruskan ke timur dan kemudian selatan. kamu juga bisa berbicara dengan seorang petualang di sini.
<---Lantai 16--->
Ikuti jalur ke selatan dan abaikan jalur kanan. Masuk ke ruangan yang mirip dengan Daemonium dari Lone Valley. Arahkan ke selatan untuk memicu cutscene dengan Chameleon, memberikan Claus kemampuan untuk memanggilnya dengan Emerald Ring. Pergi ke barat untuk menemukan Sage, dan ke utara untuk menemukan Cheese. Keluar dari ruangan dan ambil jalur kanan.
<---Lantai 17--->
Pergi ke kanan dan berbicara dengan tentara jika diinginkan. Di layar berikutnya, temukan tkamu yang mengatakan "Push them all" dengan 4 saklar (1 putih, 3 coklat). Langkahkan pada mereka dalam urutan ini: 1, 2, 3, 4, 2 untuk membuka pintu selatan.
<---Lantai 18--->
Dari pintu masuk, turun tangga dan pergi ke barat, kemudian selatan sambil memeluk dinding. Teruskan ke selatan sampai kamu menemukan tangga dan percabangan. Peluk dinding selatan dan pergi ke barat hingga menemukan dinding. Sekarang pergi ke utara sedikit untuk menemukan jalan keluar ke barat. Ambil jalan ini untuk menemukan buku mantra untuk Arche (Black Hole). Kembali ke ruangan sebelumnya, arahkan ke selatan ke dinding, dan timur untuk menemukan tangga yang baru saja kamu turun. Pergi ke utara sambil memeluk dinding barat hingga kembali ke utara. Pergi ke timur sambil memeluk dinding selatan hingga kamu bisa pergi ke selatan. Ketika kamu melihat tangga, pergi ke timur sejauh mungkin, lalu utara mengelilingi dinding. Pergi ke timur dan utara ke ruangan dengan Bread, Apple Gel, dan Iron Gloves. Pergi ke selatan, barat ke ruangan besar, lalu selatan dan barat untuk menemukan tangga menuju Lantai 19.
<---Lantai 19--->
Dari tangga, pergi ke barat, lalu selatan, dan timur. Ikuti jalur yang berliku ke selatan untuk menemukan Poison Charm. Kembali ke tangga, ambil jalur selatan pertama di kanan dan temukan Silver Cape dan ?armor. Kembali ke tangga, ambil jalur selatan di sebelah kiri, dan pergi ke barat. Ikuti jalur ke tenggara dan turun tangga. Di bawah, ambil jalur kanan dan selatan menuju ruangan dengan Miracle Charm dan Pineapple Gel. Kembali ke bagian bawah tangga terakhir, pergi ke selatan untuk menemukan ?sword. Pergi ke utara dan barat, lalu selatan ke ruangan baru.
Di ruangan ini, ikuti jalur untuk menemukan ?axe. Gunakan Rune Bottle untuk meng-upgrade menjadi Bahamut’s Tear (axe yang sangat kuat).
<---Lantai 20--->
Lantai ini sepenuhnya terlihat tetapi bisa membingungkan karena patung-patung yang akan mendorong kamu jika kamu terlalu dekat saat mereka menghadap ke arah kamu. Berikut adalah pendekatan langkah demi langkah:
- Pergi ke barat dan kemudian ke selatan, hindari patung-patung.
- Gerakkan ke timur ketika memungkinkan. Gunakan patung-patung yang menghadap ke timur untuk mendorong kamu ke arah yang benar.
- Ulangi proses memindahkan di depan patung-patung yang menghadap ke timur untuk didorong ke arah timur.
- Setelah membuat belokan yang diperlukan, kembali ke barat untuk menemukan tangga selatan.
- Ambil Emerald Ring di bagian atas tangga dan kemudian turun ke Lantai 21.
Ruang pertama di lantai ini adalah labirin kotak-kotak kecil yang sederhana. Turuni tangga, pergilah langsung ke timur menuju tembok untuk menemukan Botol Rune. Sekarang pergilah ke selatan untuk menemukan tangga. Turuni tangga, menuju ke barat untuk menemukan Boneka Terbalik, lalu berjalanlah ke arah timur, dan di antara beberapa penghalang kamu akan menemukan Lindungi Cincin. Ambil jalan keluar ke timur untuk berada di ruangan yang sudah dikenal. Ikuti jalan ke ruangan berikutnya.
Dari pintu masuk, arahkan ke utara dan timur. kamu akan melihat dua set tangga menuju selatan...ambil yang di sebelah kiri dulu. Ikuti terus sampai ke bawah untuk mengambil pedang, Cincin Zamrud, Elixer, dan Gel Apel. Kembali ke awal ke utara dan ambil tangga di sebelah kanan selatan menuju pedang. Kembali ke utara, lanjutkan di sebelah timur, dan kamu akan melihat tangga ketiga menuju ke selatan. Menuju utara terlebih dahulu, sampai ke ruangan terpisah yang menyimpan Cincin Zamrud dan Orange Gel. Kembali ke ruangan besar lagi, dan langsung menuju ke timur alih-alih pergi ke tangga selatan. Di timur, kamu bisa pergi ke timur lagi untuk menemukan area dengan ?baju zirah, atau kamu bisa pergi ke selatan menuruni beberapa anak tangga lagi menuju Hourglass. Lakukan keduanya. Sekarang kembali sedikit ke tangga ketiga, ingat itu? Turuni tangga itu dan jalannya agak terbuka ke kiri dan kanan (tapi masih selatan). Ambil jalan ke kanan selatan. Jalan pertama untuk menemukan jalan buntu dan topi. Kemudian ambil jalan kiri selatan untuk menemukan pakaian. Lanjutkan saat jalan berkelok-kelok ke arah timur, meraih ?helm di jalan.
Bergerak ke arah timur kamu akan melihat lebih banyak tangga menuju ke selatan, seperti ke tingkat lain. Ambil mereka untuk menemukan diri kamu di area seperti daemonium lainnya. Selatan akan menemukan kamu yang baru panggil, Gremlin Lair. Kembali ke ruang utama, terus ke timur melewati jembatan. Tepat di seberang jembatan, area selatan memiliki Melange Gel. kamu melihat pintu keluar itu ke timur? Bawa ke ruangan kecil...kalau ada Suzu pasti ada Ninja dalam pelatihan di sini. Dia akan menjual Hell Rush seharga 470.000 gald.
Beli, dan kembali ke ruangan sebelumnya. Sekarang menuju ke utara dari sini sampai ke atas tangga untuk menemukan pintu keluar lain ke timur. Ambil dan ikuti jalan ke timur dan utara...sepanjang jalan akan ada jalan pendek ke kiri yang mengarah ke glif memori. Simpan 20 miliar kali. Lalu kembali ke jalur utama dan menuju ke utara menuju ruangan baru dengan banyak tangga. Menuju utara menaiki tangga untuk bertemu Wyvern dan mulai melawan bos.
BOSS: Wyvern
41,000 HP/0 TP
12,500 EXP/10,000 Gald
Weak Point: Earth
Swallow Dance--->Beast Swallow Kick--->Swallow Dance
Setelah itu, kembali ke glyph dan SIMPAN lagi. Kemudian, kembali ke tempat kamu melawan Wyvern dan ambil jalan ke utara naik lebih banyak tangga menuju Kuil Dwarf.
The Dwarven Temple
Items: Hourglass, Life Bottle (x3), Miracle Gel (x4), Melange Gel (x3), Persian
Boots, Elixer (x2), Nightmare Boots, Analysis Orb, Ninja Sword, ?sword
(EXCALIBUR ALERT!), Lapis, Lemon Gel, Fresh Milk, Statue of Justice,
Gungnir 3
Titles: Cress---"Advanced Fencer"; Claus---"Master Summoner";
Suzu---"Ninja Master"
Skills: Cress---Lightning Tiger Blast, Tiger Combo Blast;
Suzu---Summon: Jiraiya; Arche---Extension
Sekarang, sebelum melakukan apa pun, kamu mungkin penasaran dengan beberapa item tersebut. Lightning Tiger Blast adalah keterampilan untuk Cress, ?sword adalah Excalibur (senjata terkuat Cress dan Item Gilgamesh). Nightmare Boots adalah aksesori dan Ninja Sword adalah senjata terkuat Suzu. Terakhir, Analysis Orb bekerja seperti Dark Bottle dan Holy Bottle digabungkan. Buka menu item dan pilih dengan A... itu akan menanyakan tingkat encounter. Saya sangat menyarankan kamu mengaturnya ke Rare (membuat aura putih Holy Bottle muncul di sekitar kamu) sehingga kamu melawan jumlah musuh yang minimum. Ini adalah perjalanan yang panjang, semakin sedikit pertarungan semakin baik. Juga, kamu tidak akan memerlukan Holy/Dark Bottle lagi. Sangat berguna!
Setelah itu, bergeraklah ke selatan dari tempat kamu dipindahkan untuk mencapai lantai berikutnya.
Lantai 2:
Turunlah ke selatan melalui tangga. Woot!
Lantai 3:
Abaikan tangga yang turun, dan ambil jalur ke selatan. Kamu akan melihat patung yang akan mendorongmu melintasi layar ke arah yang dihadapinya. Persenjatai seseorang yang tidak aktif di partimu dengan Sorcerer's Ring, dan gunakan pada patung untuk mengubah arah patung tersebut. Ketika patung menghadap ke Timur, berdirilah di depannya dan ia akan mendorongmu ke tempat yang tampaknya adalah jalan buntu. Sekarang lihatlah dinding... Apakah kamu melihat area yang sedikit berbeda warnanya? Pergilah ke tempat itu dan gerakkan ke timur ke dalam dinding, dan kamu akan melewatinya.
Di area baru, kamu akan berada di sebuah percabangan. Pergilah ke utara, timur, dan kemudian selatan melalui beberapa layar. Akhirnya kamu akan bergerak ke barat. Di sini kamu akan menemukan gulungan ninja—Summon: Jiraiya. Jika kamu sudah mendapatkan semua keterampilan Suzu pada titik ini (kamu akan memilikinya jika kamu mengikuti panduan saya), Suzu akan mendapatkan gelar "Ninja Master." Sekarang kembali ke arah timur, utara, barat, dan kemudian selatan ke tempat awal. Kali ini ambil jalur selatan dan kemudian barat ke bagian lainnya.
Abaikan tangga di sini dan ikuti jalur sepenuhnya ke barat. Ketika kamu sampai di dinding, turunlah ke selatan untuk menemukan Melange Gel dan Life Bottle. Sekarang kembali ke utara dan kemudian timur, mengambil jalur selatan di tengah. Kamu akan segera melihat patung lainnya. Gunakan Sorcerer's Ring untuk membuatnya menghadap selatan. Berdirilah di depannya untuk melintasi lubang. Ada satu lagi di sini...buat ia menghadap Timur terlebih dahulu. Gunakan patung tersebut dan kemudian bergeraklah ke timur melalui bagian dinding yang berbeda warnanya. Kamu akan muncul di area hitam. Cukup tahan ke kanan pada D-Pad dan kamu akan muncul di ruangan lain dengan sebuah peti. Ambil untuk mendapatkan Lapis Ring. Sekarang kembalilah dua layar ke kiri, dan buat patung tersebut menghadap barat. Berdirilah di depannya untuk pindah ke sisi lainnya, dan ambil tangga ke bawah.
Lantai 4:
Masuklah ke selatan ke ruangan besar dan baca tanda. Di selatan ada penghalang yang menghalangimu. Kamu perlu menarik 4 tuas. Pergilah ke kiri ke layar baru, dan ambil jalur ke utara ke ruangan lain. Pergilah ke tuas dan kamu akan bertarung melawan Lesser Boar dan Beast Master. Setelah mengalahkan mereka, tarik tuasnya. Sekarang keluar dan kemudian ke selatan kali ini dan berkeliling ke ruangan lain, di mana kamu bisa menarik tuas kedua. Kembali ke ruangan utama dan ikuti prosedur yang sama di sisi kanan, menarik tuas utara terlebih dahulu dan kemudian tuas selatan. Setelah keempatnya telah ditarik, kembali ke ruangan utama dan pergi ke selatan melewati penghalang.
Lantai 5:
Ikuti jalur berliku untuk mencapai percabangan 3-arah. Pertama, ambil jalur kiri ke selatan ke ruangan baru. Di sini, ikuti jalur ke arah barat daya untuk menemukan 2 jalur (satu ke utara dan satu ke selatan). Ambil jalur selatan terlebih dahulu untuk mendapatkan Lemon Gel, Fresh Milk, dan Elixir. Sekarang kembali ke ruangan sebelumnya dan ambil jalur utara sepenuhnya untuk menemukan sebuah mantra untuk Arche—Extension. Dia masih punya satu lagi yang tersisa, jika kamu bertanya-tanya (itu ada di Kastil Dhaos). Sekarang kembali ke selatan ke ruangan di bawah, dan temukan jalur tenggara turun ke lantai berikutnya.
Lantai 6:
Turunlah ke lantai berikutnya!
Lantai 7:
Pergilah ke selatan dan baca tanda untuk memicu adegan. Tampaknya kamu perlu menawarkan pengorbanan untuk membuka penghalang? Kembali ke Lantai 6, dan kemudian ke Lantai 5.
Di lantai 5, kembali ke utara ke percabangan 3-arah. Ambil jalur paling kanan kali ini ke ruangan lain dengan adegan lainnya. Ketika kamu bisa memilih siapa yang akan ditinggal, tinggalkan Arche dan Suzu. Sekarang kembali ke percabangan 3-arah, ambil jalur kiri, lalu temukan jalur tenggara turun ke Lantai 6 dan 7. Kamu akan melewati penghalang, dan kemudian Arche dan Suzu akan kembali kepadamu. Turunlah ke lantai berikutnya.
Lantai 8:
Kamu hampir sampai ke akhir. Sangat dekat. Kamu akan melihat satu set tangga lainnya yang turun, tetapi abaikan terlebih dahulu. Pergilah ke kanan dari tangga untuk menemukan sebuah peti yang berisi Statue of Justice—patung ke-4 dari 5! Woot! Sekarang ambil tangga menuju lantai terakhir.
Lantai 9:
Pada dasarnya, kamu hanya perlu menuju utara untuk bertempur melawan bos Brute (Pluto). Sebelum bertarung, pastikan semua orang memiliki TP penuh, dan atur keterampilan B kamu ke Demon Fang.
Jangan masukkan Suzu ke dalam party, apapun alasannya.
Setelah bertarung melawan musuh ini, aku tahu bahwa dia tidak dapat memberikan kerusakan kecuali kamu benar-benar buruk dalam menekan B berulang kali. Oleh karena itu, tidak ada kebutuhan untuk Mint berada dalam party. Namun, jika kamu sangat khawatir kalah dan harus mengulang seluruh Kuil, seperti yang aku rasakan, tidak masalah jika Mint tetap ada. Jika tidak, persiapkan caster dan biarkan Arche hanya dengan Extension dan Claus dengan Aska dan Origin, dan bersiaplah untuk pertarungan yang mudah.
BOSS: Brute
45,000 HP/3,000 TP
2,475 EXP/15,500 Gald
Weak Point: Earth
Musuh ini tetap jauh dan memiliki banyak kesehatan. Biarkan Arche dan Claus terus-menerus melemparkan mantra mereka (seperti yang telah disebutkan sebelumnya). Jika Mint ada dalam party, biarkan dia menggunakan Sharpness pada party. Chester sebaiknya menggunakan keterampilan non-fisiknya (hindari Wild Rain, misalnya) jika dia ada dalam party. Sementara itu, JANGAN mendekatinya. Tetap di tempat dan spam Demon Fang. Dia tidak akan bisa menyerangmu...jika kamu bertanya-tanya, kamu tidak bisa menyerangnya secara fisik. Pertarungan ini panjang dan menguras TP-mu, tetapi pada akhirnya mungkin adalah yang paling mudah dalam seluruh permainan (kecuali jika kamu melakukan kesalahan entah bagaimana).
Setelah pertarungan dengan Brute (Pluto), Claus bisa memanggil Pluto, dan dia akan mendapatkan gelar "Master Summoner" jika kamu telah mendapatkan semua summon-nya (seharusnya sudah jika mengikuti panduan ini).
Pergi ke utara menuju ruangan dengan 2 peti. Peti sebelah kiri berisi Gungnir 3, dan peti sebelah kanan berisi Tiger Combo Blast (keterampilan mematikan terakhir Cress). Jika kamu sudah Level 70 atau lebih tinggi dan telah mendapatkan semua keterampilan mematikan Cress (seharusnya memenuhi syarat pertama), kamu akan mendapatkan gelar "Advanced Fencer."
Sekarang bahwa kamu telah menyelesaikan sidequest ini, aku harus memberitahu sebuah rahasia. Kamu belum benar-benar menyelesaikannya. Jika kamu belum menyadarinya, tidak ada cara cepat untuk kembali ke atas dan tidak ada glyph memori di sini. Ya, kamu harus secara manual naik kembali 9 lantai dan kemudian naik ke Lantai 17 untuk menemukan Emergency Exit.
The Long Trip to the Surface
Mencapai puncak Dwarven Temple seharusnya tidak terlalu sulit... cukup pergi ke utara menuju tangga di setiap lantai. Saat kamu sampai di bagian dengan celah dan patung, jatuhlah ke lantai di bawah dan cari tangga.Saat memasuki perpanjangan Morlia lagi, nyalakan Lilin Biru, Lentera Hijau, dan Lampu Merah.
Lantai 21—Meskipun kamu dalam perjalanan keluar, tetaplah simpan permainan untuk berjaga-jaga. Di ruangan besar yang jelek, pergi langsung ke selatan menuju jembatan yang kamu lalui sebelumnya, kemudian pergi ke barat laut sampai kamu tidak bisa lagi... saat itu, berjalanlah ke barat daya untuk menemukan jalan keluar.
Lantai 20—Cukup berada di depan patung dan patung akan mendorongmu ke ujung utara.
Lantai 19—Gunakan peta untuk menemukan jalan kembali ke pintu masuk grid. Kemudian usahakan untuk pergi ke utara sejauh mungkin, kemudian ke barat/timur menuju tangga.
Lantai 18—Naiklah tangga dan kemudian perjalananlah ke timur laut hingga ruangan terbuka. Kemudian pergi ke barat laut hingga pembukaan besar berikutnya. Dari sini, pergi ke barat sejauh mungkin hingga kamu melihat tangga menuju utara.
Lantai 17—Langkahkan pada sakelar dengan urutan ini: 4, 3, 2, 1, 3. Melalui pintu, ambil Emergency Exit untuk mencapai glyph memori Lantai 10. Kemudian ambil jalan pintas kembali ke permukaan.
Selamat, kamu telah menyelesaikan sidequest!
Posting Komentar